Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Tingginya Tingkat Penjualan Produk Honda Jateng dan Jogja

Pada tahun 2016 ini, dealer resmi Honda Semarang Center menargetkan penjualan hingga 18.000 unit untuk setiap produk yang ditawarkan. Beberapa pengamat pasar menganggap bahwa target tersebut terlalu tinggi. Akan tetapi pihak Honda sendiri optimis bahwa target tersebut akan tercapai. Harapan tersebut tentunya didasarkan pada tingginya minat masyarakat akan produk yang dirilis oleh Honda. Pada tahun sebelumnya, tingkat penjualan produk Honda menembus angka mencapai 16.621 unit. Padahal target waktu itu hanyalah 16.500 unit saja. Apabila dihitung berdasarkan tingkat penjualan pada tahun 2014, angka tersebut mengalami peningkatan hingga 10%. Pada tahun tersebut, tingkat penjualan produk Honda jateng dan Jogja hanya berada pada angka 15.125 unit saja.

Meskipun kondisi pasaran kendaraan beroda empat sepanjang tahun 2015 saat itu sedang mengalami penurunan, akan tetapi penjualan produk Honda sendiri malah justru mengalami peningkatan. Produk yang diminati oleh pasaran pada tahun tersebut adalah seri Mobilio yang mencapai tingkat penjualan hingga lima ribu unit. Sedangkan seri Brio berada tepat di bawahnya, yaitu sekitar empat ribu unit. Di peringkat penjualan ketiga terdapat seri Honda BRV sebanyak tiga ribu unit. Sedangkan empat ribu unit sisanya didominasi oleh seri Oddesey, Jazz, serta CRV. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap produk yang dirilis oleh Honda dikarenakan oleh kualitas kendaraan yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, strategi marketing dengan promo dan diskon dinilai cukup mampu menggenjot tingginya nilai penjualan tersebut.

Untuk mencapai target penjualan tahun ini, Honda Semarang berminat meningkatkan kualitas dan strategi marketing yang akan digunakan. Promo dan diskon tidak hanya akan diberlakukan pada produk lama yang sudah dirilis terlebih dahulu. Seri terbaru yang rencananya akan dirilis pada kuartal akhir tahun ini juga akan mendapatkan promo dan diskon spesial peluncuran. Dengan demikian, pihak Honda telah memikirkan strategi yang matang untuk mencapai target penjualannya. Strategi tersebut terinspirasi dari strategi yang pernah digunakan pada dua tahun sebelumnya. Pada saat itu, tingkat penjualan produk Honda mengalami kenaikan cukup drastis ketika seri HRV terbaru sedang diluncurkan. Pada pertengahan awal tahun, kenaikan tingkat penjualan menanjak drastis hingga 95%. Sedangkan tingkat penjualan pada pertengahan akhir tahun meningkat pesat hingga 105,7%.

Honda Semarang pada tahun 2016 ini menjagokan produk terbarunya, yaitu seri B-RV untuk mampu mendongkrak tingkat penjualan. Dengan diluncurkannya produk itu, pihak Honda berharap target tingkat penjualan 18.000 unit dapat tercapai dengan lebih mudah. Menurut perhitungan mereka, produk terbaru tersebut akan mampu terjual hingga empat ribu unit. Fenomena serupa tidak hanya terjadi di kawasan Jawa Tengah saja. Tingkat penjualan di Jogja juga mengalami kenaikan tingkat penjualan yang serupa. Di Jogja, tingginya peminat kendaraan seri B-RV juga diperkirakan akan mampu menambah tingkat penjualan tahun ini.

Leave a Reply